#5 Keuntungan Untuk Kamu yang Gemar Mencari Ilmu!

Belajar dan Inspirasi

#5 Keuntungan Untuk Kamu yang Gemar Mencari Ilmu!

Artikel terkait : #5 Keuntungan Untuk Kamu yang Gemar Mencari Ilmu!


Keuntungan dan manfaat mencari ilmu,- Banyak orang yang sering mengatakan bahwa menuntut ilmu merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Setidaknya ilmu formal yang kamu dapatkan dari bangku pendidikan dari SD hingga SMP. Seperti yang sedang dicanangkan oleh pemerintah dalam program wajib belajar 9 tahun.

Lalu, apakah menuntut ilmu hanya dengan sebatas bersekolah ? Tentu saja tidak. Kamu bisa mendapatkan ilmu dari mana saja. Dari alam, dari lingkungan atau bahkan dari dirimu sendiri yang mampu membuka potensi diri yang ada. Bahkan ada banyak orang yang rela mencari ilmu hingga menghabiskan waktu yang lama dan uang yang banyak lho.

Ada pepatah kuno mengatakan tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina. Kamu tau nggak apa sebenarnya makna dari pepatah tersebut ? Maksudnya tentu saja bahwa kamu wajib untuk mencari ilmu sejauh apapun itu dan sesulit apapun itu. Kondisi apapun yang kamu alami saat ini pun tidak berhak untuk membuat dirimu menutup diri untuk berhenti mencari ilmu.

Keuntungan Serta Manfaat Menuntut Ilmu


Yang menjadi pertanyaan di benakmu adalah apa sebenarnya pentingnya ilmu untuk diri kalian ? Apa yang membedakan seseorang yang berilmu dan tidak berilmu ? Apakah yang menjadi nilai plus buat kamu yang selalu rajin untuk mencari ilmu ? Semua pertanyaanmu tersebut akan terjawab dari ulasan di bawah ini.

keuntungan gemar mencari ilmu, manfaat menuntut ilmu
manfaat mencari ilmu

1. Mencari Ilmu Adalah Ibadah

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna. Oleh sebab itu manusia diberikan akal yang lebih daripada makhluk hidup yang lain. Apakah kamu hanya akan berdiam diri saja dengan segala kemampuan yang telah diberikan oleh Tuhan ? Tentu saja tidak bukan.

Mencari ilmu merupakan salah satu bentuk rasa syukurmu atas apa yang sudah Tuhan berikan kepdamu. Oleh sebab itu mencari ilmu merupakan ibadah. Karena dengan menjadi pribadi yang berilmu tentu saja kamu dapat melakukan segala sesuatu menjadi lebih benar dan tepat.


2. Menjadi Manusia Yang Berilmu Dapat Mengangkat Derajatmu

Ngomong-ngomong soal derajat disini sama sekali tidak membicarakan tentang keangkuhan atas apa yang kita miliki. Derajat hidup disini maksudnya adalah kamu dapat menjadi pribadi yang lebih dihormati oleh orang lain. Pribadi yang lebih anggun menjalani hidupmu di tengah-tengah masyarakat.

Karena dengan berilmu tentunya dirimu tidak akan menjadi pribadi yang berkualitas rendah dan tidak disengangi oleh lingungan sekitarmu. Apapun profesi yang kamu miliki dan bagaimanapun keadaan mu pasti akan selalu terpandang baik. Siapa siah yang nggak mau untuk selalu mendapat penghargaan positif dari masyarakat ?

3. Dengan Ilmu Bisa Membuat Hidupmu Lebih Terasa Mudah

Kamu pernah nggak mengalami situasi sulit dalam hidupmu ? Seperti hidup ini stuck dan nggak ada jalan keluarnya lagi. Disinilah pasti otakmu dipakasa untuk bekerja keras agar bisa mendapatkan jalan keluarnya. Dengan kamu yang berilmu pasti akan beda cara menyelesaikan masalahnya dengan mereka yang tidak berilmu. Kamu akan lebih calm down dalam menyikapi segala sesuatu.

Bukan hanya itu lho. Tapi dengan ilmu juga bisa membuat segala urusan hidupmu menjadi lebih mudah. Pernah dengar istilah lebih baik kerja pintar daripada kerja keras ? Nah seperti itulah kira-kira. Tapi tentu saja kerja keras pun tidak salah. Kerja pintar disini juga bukan berarti memintari orang lain untuk mendapatkan keuntungan untuk kita sendiri lho yaa.


4. Membuat Dirimu Menjadi Pribadi Yang Berkualitas dan Berpotensi Dalam Segala Hal

Tentu saja manusia tidak dicipatakan untuk menjadi satu individu yang dapat menguasi segala macam hal. Misalnya kamu memiliki kemampuan baik dalam bernyanyi, tetapi kamu tidak terlalu baik dalam berhitung. Berbeda dengan temanmu yang lebih pandai berhitung daripada bernyanyi. Semua pasti memiliki jatah hebat di masing-masing bidang.

Tetapi dengan memiliki banyak ilmu akan membuat dirimu berkualitas dan berpotensi tinggi. Untuk segala macam hal yang dibutuhkan terkadang bukan hanya tentang kecerdasan yang dimiliki tetapi bagaimana kita dapat menguasi ilmu dengan baik. Kalau kamu seorang perempuan pasti kamu lebih mau dong untuk memilih pasangan hidupmu lelaki yang berilmu.

Dalam dunia pekerjaan pun ilmu juga sangatlah penting. Bukan hanya sekedar mengandalkan ijazah dan penampilan fisik yang menarik saja. Tapi tentu perusahaan menginginkan untuk dapat memiliki karyawan yang cerdas dan berilmu. Terkadang juga penampilan fisik juga tidak akan ada artinya lho jika isi kepalamu tidak diimbangi dengan isi ilmu yang luas.


5. Dengan Berilmu Kamu Dapat Menjadi Percaya Diri

Apakah kamu tipe orang yang percaya diri ? Memang sih nggak semua orang terlahir menjadi pribadi yang percaya diri. Ada yang memang dari sananya pribadinya pemalu atau pendiam. Kadang sikap pemalu dan pendiam inilah yang sering disalah artikan menjadi sikap minder dan menutup diri dari segala potensi.

Terlepas dari itu semua sebenarnya percaya diri itu penting banget lho guys. Dengan percaya diri kamu bisa show kemampuan diri kamu yang sebenarnya. Tanpa harus terlihat palsu dihadapan orang lain. Nggak memeandang penampilan fisikmu kayak gimana atau bahkan keadaan ekonomimu kayak gimana kamu tetap bisa percaya diri dengan ilmu yang kamu punyai di kepalamu.

Kebanyakan dari orang-orang yang tidak berilmu adalah hanya menyombongkan harta atau bahkan penampilan fisik yang mereka milik saja. Hal itu tentu saja terkesan nggak banget kalo nggak dibarengi dengan kualitas otak yang mereka miliki juga.

Menjadi pribadi yang berilmu otomatis kamu juga berwawasan luas dan berpikiran terbuka kan. Kamu bisa dengan mudah menangkap topik pembicaran apa saja yang ada. Dengan begitu kamu bisa lebih leluasa untuk dapat bergaul dengan siapa saja. Tanpa harus minder karena inilah atau itulah.
Jadi itu tadi nilai plus apa saja yang kamu bakal dapetin jika kamu terus menuntut ilmu. Bahkan seperti kisah motivasi-motivasi yang pernah kau baca pasti kamu sering memngetahui ada orang yang dahulunya hidupnya susah sekarang menjadi sukses karena kerja keras dan ilmu yang dia cari.

Karena sesungguhnya ilmu itu tidak akan datang sendiri ke diri kita lho. Kita harus aktif mencari imu tersebut. Karena ilmu sebenarnya ada diamana-mana. Asal kamu selalu ada niat dan tekat pasti akan selalu ada jalan untukmendapatkannya. Jangan pernah minder dengan segala apa yang kamu miliki sekarang. Apapun itu kamu selalu mempunyai hak untuk dapat terseus menjadi lebih baik kedepannya.

Dengan berilmu pun yang mendapat keuntungannya bukan hanya dirimu sendiri, tetapi juga lingkungan mu dan orang-orang di sekitarmu. Selalu menjadi pribadi yang positif dan menyenangkan tentu saja akan membawa dampak positif untuk sekitarmu bukan. Akan sangat menyenangkan lagi apabila dirimu berilmu dan kamu sebarkan ilmu tersebut sehingga dapat lebih bermanfaat untuk orang lain.

Carilah ilmu sampai kapanpun. Karena sesungguhnya ilmu itu tidak ada ruginya. Jadi buat apa malas-malasan berpangku tangan tanpa ilmu?

Istilah Pencarian : 

#Keuntungan gemar mecari ilmu
#Manfaat menuntut ilmu
#Manfaat yang didapat dengan gemar menuntut ilmu

Artikel Contoh Belajar Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 Contoh Belajar