#3 Alasan Pentingnya Motivasi Diri dan 4 Kiat-Kiat Jitu untuk Konsisten Melakukannya !

Belajar dan Inspirasi

#3 Alasan Pentingnya Motivasi Diri dan 4 Kiat-Kiat Jitu untuk Konsisten Melakukannya !

Artikel terkait : #3 Alasan Pentingnya Motivasi Diri dan 4 Kiat-Kiat Jitu untuk Konsisten Melakukannya !

Alasan pentingnya motivasi diri,- Kadang saat kamu merasa down dan membutuhkan seseorang untuk bercerita namun tak ada satu orang pun. Padahal, pada saat seperti itu dirimu pasti sedang labil dan membutuhkan orang-orang yang bisa menghibur atau memotivasimu.

Daripada mengharapkan motivasi dari orang lain yang kadang terkesan menggurui atau tak membuat perasaanmu membaik, mending kamu memotivasi dirimu sendiri. Emangnya bisa?
Tentu bisa! memotivasi diri sendiri mungkin terdengar terlalu narsis. Atau mungkin orang lain akan memandangmu dengan perasaan kasihan. Jangan pikirkan apa kata orang lain karena sebenarnya, motivator terhebat dalam hidupmu adalah dirimu sendiri, guys.

Alasan Pentingnya motivasi diri


Maka dari itu, memotivasi diri sendiri sebenarnya lebih dibutuhkan daripada mengandalkan orang lain. Perhatikan alasan-alasan berikut ini!

1.  Kamu yang Lebih Mengenal Dirimu Sendiri

Mungkin kamu akan sangat senang jika punya seseorang yang bisa mengenalmu melebihi dirimu sendiri. Meski begitu, yang seharusnya lebih mengenal dirimu adalah dirimu sendiri. Untuk menerima dorongan semangat dari orang lain, orang tersebut harus mengenalmu lebih dulu. Jika kamu bisa lebih mengenal diri sendiri, kamu akan lebih berani menghadapi apapun yang sedang mengganggumu.

Kamu yang hafal akan sifat dan kepribadianmu. Jadi, pastinya kamu tahu porsi semangat yang kamu butuhkan dalam menghadapi masalah. Kamu tidak perlu mendengar ceramah-ceramah yang tak berhubungan dengan masalah yang sedang kamu rasakan. Dirimu pula yang akan lebih mengenal situasi yang sedang mengganggumu.

2.   Hanya Kamu yang Paling Tahu Masalahmu

Daripada kamu harus capek-capek menceritakan apa yang sedang kamu hadapi pada teman dekatmu, nggak ada salahnya kamu hadapi sendiri apa yang sedang kamu hadapi. Sebab, tidak akan semudah itu untuk bisa menceritakan segalanya pada orang lain. Terlebih lagi apabila orang tersebut bukan pendengar yang baik.

Inilah salah satu alasan kenapa memotivasi diri sendiri adalah hal yang penting. Kamu nggak perlu berharap orang lain mendengar ceritamu yang mereka sendiri belum tentu memahaminya.
Saat kita mengumbar masalah yang sedang kita hadapi, ketika itu pula orang lain akan melihat satu kelemahan yang ada padamu. Kamu nggak mau, kan, dianggap lemah sama orang yang salah?


3.   Kamu yang Paling Tahu Tujuan Hidupmu

Sebenarnya, kamu tidak harus menelan semua hal yang orang lain sarankan karena belum tentu saran tersebut tepat dan sesuai untukmu. Malah terkadang, saran tersebut bisa jauh dari kata solutif yang kamu harapkan. Hal itu karena mereka tidak tahu apa yang menjadi tujuanmu sebenarnya.

Tujuan hidupmu, cita-citamu, harapan atau obsesi besarmu hanyalah kamu sendiri yang lebih tahu. Jadi, ingat terus apa yang menjadi tujuanmu agar lebih termotivasi dan semangat menjalani cobaan apapun.

Hal di atas mungkin hanya alasan kecil di balik perlunya memotivasi dirimu sendiri. Memotivasi diri sendiri mampu memunculkan semangat juang yang besar dan bisa juga membantumu untuk lebih membangkitkan kepercayaan diri yang mungkin kurang.

cara memotivasi diri sendiri


Cara Jitu Memotivasi Dirimu Sendiri 


Supaya kamu lebih tahu cara untuk memotivasi dirimu sendiri, cobalah hal-hal berikut ini!

1.   Berbicara Lewat Kaca

Berbicara di depan kaca sambil menatap diri sendiri mungkin akan dianggap gila, itu kalau kamu melakukannya di tempat yang ramai. Namun, supaya bisa menumbuhkan motivasi dalam dirimu sendiri, kamu perlu mencoba untuk berbicara pada dirimu sambil memandangi kaca.

Melihat ke dalam matamu, ke dalam hatimu apa yang terjadi dan apa yang sangat kamu inginkan. Dengan begitu, kamu akan lebih terbuka hatinya dalam menghadapi apapun. Dan pastinya dengan begitu kamu akan kembali bersemangat untuk bisa melewati segala macam kesulitan.

2.   Berbicara Lewat Tulisan

Saat kamu tidak bisa bicara, cara yang baik adalah berbicara melalui tulisan. Kalau kamu punya kebiasaan menuangkan segala keluh kesahmu dalam bentuk tulisan, maka itu cukup membantumu untuk bisa memotivasi dan memberi semangat pada diri sendiri.

Lewat tulisan ini pastinya kamu bisa mencurahkan segalanya. Menuliskan apa yang terjadi dan yang mengganjal, selanjutnya  kamu mungkin bisa menemukan solusi yang dari apa yang kamu tuliskan. Cara ini lumayan efektif untuk bisa memberi semangat pada diri sendiri. Jadi gak ada salahnya kalau kamu mencobanya.

3.  Beri Kepercayaan Sebesar Mungkin pada Diri Sendiri

Memiliki kepercayaan diri yang besar sangatlah sulit. Tidak semua orang bisa memberikan kepercayaan pada dirinya sendiri dengan cukup baik. Mungkin kamu juga salah satunya. Untuk itu, sebaiknya mulai saat ini cobalah untuk berdamai dengan dirimu, berikan rasa kepercayaan pada diri sendiri sebanyak mungkin.

Tutup telingamu dari suara-suara yang nggak penting dari luar. Yakinlah bahwa kamu bisa melewati apa yang sedang terjadi, yakin bahwa kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan. Yakin bahwa kamu bisa menyelesaikan segala rintangan yang menggangu jalanmu.

4.  Sugestikan Pikiranmu untuk Berpikir Positif

Mensugesti pikiran untuk selalu berpikir positif tidaklah mudah. Kamu harus menutup telinga dan jangan terlalu banyak mendengar sumbangan suara dari orang lain. Di balik ketakutan yang menghadangmu, selipkan pikiran positif dari apa yang sedang kamu hadapi.

Percayalah di balik semua hal yang kamu ragukan dan khawatirkan selalu ada ruang untuk bisa lebih menyelipkan pikiran positif. Gali terus pikiran-pikiran positif itu. Dengan begitu, kamu akan menemukan keyakinan bahwa apapun yang kamu hadapi atau apa yang kamu pilih dan bagaimanapun hasilnya, meski itu buruk sekalipun, pastilah tetap ada sisi positifnya. Jangan pernah takut untuk menghadapinya.

Jadi, apa kamu masih tidak yakin untuk memotivasi diri sendiri? Ada baiknya kalau kamu tidak terlalu bergantung untuk mendengar saran atau penyemangat dari orang lain. Bergantung pada orang lain juga tidak bagus terhadap kehidupanmu  ke depannya.

Memberi semangat pada diri sendiri kadang lebih dibutuhkan, lho. Kunci semangat selalu ada pada dirimu sendiri karena kamu yang paling tahu keadaanmu. Memotivasi diri sendiri akan membuatmu lebih yakin akan kemampuan yang kamu punya. Jangan pernah meragukan dirimu sendiri, jangan takut jika mungkin kamu tertinggal dari orang lain.

Kamu masih mempunyai kesempatan untuk menyusul mereka asalkan kamu percaya pada kemampuan yang kamu punya. Pura-pura menjadi sombong terhadap diri sendiri akan menuntunmu menjadi yakin dan percaya pada apa yang kamu jalani. Setiap orang punya kapasitas yang berbeda-beda tetapi setiap orang juga punya kemampuan untuk bisa meraih apa yang diimpikan asal ada keyakinan.

Sekali lagi, motivator terhebat ya dirimu sendiri. Tanpa keyakinan diri, dimotivasi orang lain pun akan percuma. Percaya diri dan berpikiran positif akan membuatmu terus semangat dalam menghadapi apapun yang menggangu perjalanan hidupmu. Semangat!

Artikel Contoh Belajar Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 Contoh Belajar