Jenis Kambing Etawa di Indonesia

Belajar dan Inspirasi

Jenis Kambing Etawa di Indonesia

Artikel terkait : Jenis Kambing Etawa di Indonesia

Sebelum membahas mengenai jenis kambing etawa di indonesia mari kita perhatikan beberapa hal berikut ini. Kambing etawa adalah salah satu jenis kambing yang cukup diminati untuk diternak dan dikembangkan terutama di indonesia. Jenis kambing ini berasal dari negara india, seringkali kambing ini bisa dijumpai di wilayah sekitaran sungai. Kambing ini juga sering disebut kambing jamnapari.

Kambing etawa lebih sering dijadikan sebagai hewan ternak. Adapun ciri-ciri fisik kambing etawa adalah sebagai berikut, untuk kambing jantan dewasa memiki tingggi kurang lebih 90 cm sampai 127 cm dengan bobot berkisar 91 kg, sedangkan untuk kambing betina memiliki fisik dengan tinggi kurang lebih 92 cm dan untuk beratnya sekitar 63 kg. badan yang kokoh tinggi dan leher yang kuat dan sedikit memanjang. Ada pun ciri fisik lainya kambing ini memiliki telinga yang cukup panjang ke bawah serta mempunyai dahi dan hidung yang berbentuk cembung.

Jenis Kambing Etawa 


Sebenarnya secara varian kambing etawa hanyalah satu jenis saja. Dikarenakan di indonesia memiliki keragaman budaya, bahasa maka munculah beberapa istilah dan jenis juga yang dibedakan dari berbagai kelas. Berikut jenis jenis kambing etawa.

Kambing Etawa Super


Kambing etawa super merupakan kambing kontes yang memiliki fisik yang bisa dibilang paling bagus diantara varian lainnya. Kambing jenis ini sangat cocok untuk dipelihara serta kambing ini juga memiliki harga jual yang tinggi. Cara mernjualnya pun lebih mudah dari pada kambing yang kualitasnya di bawahnya. Para penggila kambing etawa yang berkualitas bahkan rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit demi mendapatkan jenis kambing etawa super, harga berapa pun tidak jadi masalah Yang menjadi masalah adalah kebayakan para pemilik kambing ini enggan untuk menjual kambingnya. Transaksi jual beli kambing ini biasanya terjadai saat diadakannya kontes dan pasti dengan harga yang sangat fantastis.

Kambing Etawa Kaligesing


Kambing etawa kaligesing merupakan kambing hasil persilangan antara varian lokal dengan kambing etawa india. Varian ini pertama kali dibudidayakan di daerah purworejo lebih tepatnya di daerah Kaligesing.Ciri fisik kambing ini tidak jauh berbeda dengan kambing etawa asli. Perbedaannya terletak pada warna bulu yang sangat bermacam-macam. Mulai dari hitam, coklat, bercak - bercak serta warna belang. Bulu dari jenis kambing ini cukup lebatt dan lembut pula. Kambing Kaligesing juga merupakan kambing uang cukup berkualitas dan banyak dipelihara sebagai koleksi. Walaupun secara fisik lebih kecil jika dibandingkan dengan kambing etawa super akan tetapi kambing etawa kaligesing juga sering diikut sertakan dalam sebuah kontes. Selain itu, kambing ini juga merupakan jenis kambing etawa yang banyak diternak dan dipelihara untuk diperah/diambil susunya.

Kambing Etawa Senduro


Kambing etawa senduro merupakan kambing etawa yang putih bersih. Varian ini dibudidayakan di daerah Lumajang, Jawa Timur. Lebih tepatnya di daerah lereng gunung berapi, di daerah Senduro. Kambing ini disebut senduro sejak terjadinya bencana gunung berapi di Lumajang. Hingga saat ini kambing etawa senduro dibudidayakan dan memiliki penggemar tersendiri. Fisik kambing ini lumayan besar membuat varian ini cukup digemari selain itu kambing jenis ini juga mampu memproduksi jumlah susu yang lebih banyak.

Artikel Contoh Belajar Lainnya :

Copyright © 2015 Contoh Belajar